• SMK ISLAM KUNJANG
  • Disiplin dalam bertugas, Dewasa dalam bertindak, dan Dinamis dalam kegiatan

Implementasi Link dan (Super) Match

Kurikulum Operasional Sekolah (KOS) adalah kurikulum yang digunakan oleh sekolah penggerak baik SMK maupun SMA. Untuk SMK PK kurikulum yang digunakan adalah KOS, bukan lagi KTSP. Yang membedakan keduanya adalah isinya dari KOS itu sendiri. Dimana isinya lebih ringkas dan jelas. Selain itu, di dalam KOS nanti dituliskan tentang Profil Pelajar Pancasila, beserta Project yang akan dihasilkan dalam setiap akhir tema.

Di dalam KOS kurikulum yang digunakan adalah kurikulum SMK PK yang sudah terintegrasi dengan kurikulum DUDIKA. Selain itu rencana pembelajarannya juga sudah menyesuaikan dengan budaya kerja pada DUDIKA yang bekerja sama. 

Jika dalam KTSP terdapat Kompetensi Dasar, maka dalam KOS tidak ada melainkan ada Capaian Pembelajaran yang akan menjadi acuan yang akan di capai peserta didik.

Sebelum menyusun KOS, maka harus dibentuk terlebih dahulu Tim pengembangan kurikulum sekolah yang terdiri dari wakil kepala sekolah bidang kurikulum, kepala program keahlian, dan pihak yang relevan)

Dalam proses penyusunan KOS harus melakukan beberapa langkah seperti :

  • Menganalisis konteks karakteristik satuan pendidikan dan program keahlian
  • Menyusun visi dan misi SMK
  • Merumuskan tujuan program keahlian
  • Menentukan pengorganisasian pembelajaran
  • Menyusun rencana pembelajaran
  • Merancang pendampingan, evaluasi, dan pengembangan professional

Karakteristik yang dituliskan dalam KOS adalah karakter unik yang dimiliki sekolah, menggambarkan keunikan social budaya, karakter peserta didik, guru, dan tenaga kependidikan, dan data jumlah seluruh warga sekolah. Dituliskan program keahlian yang dimiliki SMK ISLAM kunjang dan juga karakteristik dari program keahlian tersebut.

Visi yang dituliskan harus menggambarkan cita-cita yang ingin diraih oleh SMK ISLAM kunjang, visi harus menggambarkan bagaimana siswa menjadi subjek dalam tujuan jangka panjang sekolah dan memuat nilai-nilai yang mendasari penyelenggaraan pembelajaran.

Misi adalah jawaban bagaimana untuk mencapai sebuah visi dan memuat nilai-nilai penting untuk menjalankan misi tersebut.

Tujuan program keahlian berisikan rumusan profil kompetensi lulusan yang di sesuaikan dengan profil pelajar Pancasila dna dikembangkan bersama dengan DUDIKA. Tujuan program keahlian harus selaras dengan visi dan misi SMK ISLAM kunjang

Satuan pendidikan diberikan kesempatan untuk menetapkan konsentrasi yang akan diselenggarakan di sekolah dengan mempertimbangkan beberapa hal, seperti :

  • Jumlah industry yang akan menyerap lulusan
  • Perkiraan jumlah tenaga yang dibutuhkan
  • Potensi dan perkembangan daerah
  • SMK lain di daerah sekitar yang membuka pusat keunggulan yang sejenis

Di setiap konsentrasi ada beberapa mata pelajaran yang berbeda, di sesuaikan dengan konsentrasi bidang tersebut, khususnya mata pelajaran pilihan. Proses pengembangan mata pelajaran dilakukan dengan :

  • Mendeskripsikan pekerjaan yang akan dilakukan
  • Mendeskripsikan tugas yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan
  • Menganalisis kompetensi kedalam yang dibutuhkan seorang pekerja
  • Mengorganisasikan kompetensi kedalam unit kompetensi

Capaian pembelajaran ada dua, capaian mata pelajaran kelompok umum dan kelompok kejuruan. Untuk capaian pembelajaran kelompok umum dan dasar kejuruan sudah ditetapkan oleh pemerintah sedangkan untuk mata pelajaran kejuruan dikembangkan oleh sekolah bersama DUDIKA yang di sesuaikan dengan karakteristik konsentrasinya.

Projek penguatan profil pelajar Pancasila dan budaya kerja adalah sebuah projek yang dilakukan untuk menumbuhkan jiwa Pancasila dan budaya kerja pada peserta didik SMK ISLAM kunjang. Dalam pelaksanaannya projek penguatan profil pelajar Pancasila dan budaya kerja ada 9 tema untuk SMK yang mana ada 7 tema pilihan dan 2 tema wajib dilaksanakan yaitu  tema 8 (kebekerjaan) dan tem 9 (budaya kerja).  Projek penguatan profil pelajar Pancasila dan budaya kerja minimal melaksanakan 1 tema pilihan dan 2 tema wajib.

 Praktik kerja lapangan untuk SMK PK dilaksanakan di semester 6 dan dilakukan selama 6 bulan berturut-turut. PKL dilakukan di DUDIKA yang bersangkutan dalam kerja sama SMK PK. Sebagai sekolah partner, SMK ISLAM kunjang juga memiliki hak agar peserta didiknya mendapat ilmu yang akan siap digunakan saat terjun di dunia kerja nantinya. Peserta didik SMK ISLAM kunjang saat PKL juga harus diajarkan tentang budaya kerja yang ada pada DUDIKA tersebut.

 Dalam KOS juga dituliskan ekstrakurikuler, ekstrakuriuler ada dua macam yaitu ekstrakurikuler wajib dan ekstrakurikuler pilihan. Ekstrakurikuler wajib yang dilakukan adalah pramuka dan dilaksanakan oleh semua peserta didik kelas X, XI, dan XII.

 Rencana pembelajaran juga mencakup kalender pendidikan dan peraturan akademik. Peraturan akademik memuat tentang persyaratan dan pemilihan konsentrasi, asesmen yang akan dilakukan di SMK ISLAM kunjang, kriteria kenaikan kelas oleh SMK ISLAM kunjang, dan kriteria kelulusan SMK ISLAM kunjang. Sedangkan kalender pendidikannya berisikan kalender pendidikan yang dikeluarkan oleh dinas pendidikan provinsi.

 Dalam KOS nantinya juga dimasukkan pendampingan, evaluasi, dan pengembangan professional.

  • Pendampingan dibagi menjadi 2 jenis, yaitu pendampingan aspek pedagogis dan aspek vokasional. Pada aspek pedagogis berisikan tentang pengembangan kompetensi pedagodis guru yang dilakukan oleh pimpinan melalui supervisi, sedangkan aspek vokasional berisikan tentang pengembangan vokasional guru yang dilakukan oleh dunia kerja. Pendampingan vokasional dilakukan untuk meningkatkan pemahaman tentang dinamika dunia kerja, standar dunia kerja, dan kegiatan apa yang akan dilakukan di dalam kelas,
  • Evaluasi bertujuan untuk mengukur keberhasilan guru dalam memfasilitasi pembelajaran. Evaluasi yang dilakukan adalah evaluasi terhadap program pembelajaran di sekolah, evaluasi terhadap program pembelajaran pada DUDIKA, mengumpulkan data internal berupa catatan keberhasilan implementasi pembelajaran, refleksi secara individual maupun terhadap seluruh warga, untuk data eksternal berupa umpan balik dari dunia kerja serta hasil kompetensi dan kinerja guru dan tenaga kependidikan,

Pengembangan professional untuk guru SMK ISLAM kunjang dilakukan oleh kepala  sekolah (bapak Mufid) berdasarkan rencana pengembangan sekolah dan masukan dunia kerja. Program yang dilakukan untuk pengembangan professional guru SMK ISLAM kunjang adalah sertifikasi guru mata pelajaran, sertifikat kompetensi, magang industry, pelatihan kompetensi pedagogis dan professional, pelatihan upskilling, studi banding, inovasi karya seni, kewirausahaan, seminar, lokakarya dan keterlibatan guru mata pelajaran di SMK ISLAM kunjang dalam MGMP se wilayah kediri.

NOTULIS : UMAROH ALVY KHASANAH, S.Kom

Tulisan Lainnya
SMK Islam Kunjang Berpartisipasi dalam Kegiatan Jalan Sehat Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kebangkitan Nasional

*Kediri, 25 Mei 2024* - Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kebangkitan Nasional, Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur mengadakan kegiatan jalan sehat yang berla

27/05/2024 08:48 WIB - Adib Zakiyya
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMK Islam Kunjang Tahun Ajaran 2024/2025: Kesempatan Masih Terbuka!

  Kunjang, 17 Mei 2024 - SMK Islam Kunjang kembali membuka kesempatan emas bagi calon siswa yang ingin melanjutkan pendidikan di sekolah kejuruan dengan membuka Penerimaan Pe

17/05/2024 08:58 WIB - Adib Zakiyya
Pengumuman Kelulusan Tahun Ajaran 2023/2024

Berdasarkan hasil rapat Pleno Dewan Guru SMK ISLAM KUNJANG mengenai kelulusan peserta didik Tahun Pelajaran 2023/2024 bertempat di Ruang SMK PK - SMK ISLAM KUNJANG pada hari Jumat 03 Me

06/05/2024 18:22 WIB - Ahmad Rofii
SMK Islam Kunjang Menggelar Kunjungan Industri yang Mendidik ke Pabrik Susu PT. Mirota KSM di Yogyakarta

Kediri - SMK Islam Kunjang telah menyelenggarakan kunjungan industri bagi siswa-siswinya ke Pabrik Susu PT. Mirota KSM yang terletak di Yogyakarta. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari S

07/03/2024 08:39 WIB - Ahmad Rofii
PENGUMUMAN KELULUSAN SISWA TAHUN 2023

Berdasarkan hasil rapat Dewan Guru SMK ISLAM KUNJANG mengenai Kelulusan peserta didik Tahun Pelajaran 2022/2023 bertempat di Ruang Guru (Jumat, 05 Mei 2023). Dipimpin Oleh Bapak Mufid

04/05/2023 16:26 WIB - Ahmad Rofii
Kegiatan Kepramukaan SMK ISLAM KUNJANG

Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Kata "Pramuka" merupakan singkatan dari

16/07/2022 09:45 WIB - Umaroh Alvy Hasanah
Workshop Penyusunan Program 2021 dan Revisi Peta Jalan

Peta jalan harus mengacu pada landasan hukum yang ada Latar belakang peta jalan berisikan tenaga kerja yang dibutuhkan industry karena kedepannya lulusan SMK yang akan mengisi kebutuhan

23/09/2021 13:05 WIB - Ahmad Rofii
Sosialisasi SMK PK Kepada Warga Sekolah

Kepala Cabang Dinas yang diwakili oleh pengawas sekolah, Hj. Zahrotul Mukoiyaroh, S.Pd., M.MPd membuka acara sosialisasi dan koordinasi pengembangan Sekolah Menengah Kejuruan PK SMK Is

18/08/2021 13:05 WIB - Ahmad Rofii
SMK ISLAM KUNJANG dalam menuju Pusat Keunggulan (SMK PK)

SMK Pusat Keunggulan (SMK PK) merupakan program pengembangan SMK dengan kompetensi keahlian tertentu dalam peningkatan kualitas dan kinerja, yang diperkuat melalui kemitraan dan penyela

18/08/2021 12:45 WIB - Ahmad Rofii
Penguman Kelulusan Siswa Tahun Pelajaran 2020/2021

Berdasarkan hasil rapat Dewan Guru SMK ISLAM KUNJANG mengenai Kelulusan peserta didik Tahun Pelajaran 2020/2021 bertempat di Ruang Guru (Kamis, 03 Juni 2021). Dipimpin Oleh Bapak Mufid

02/06/2021 09:30 WIB - Ahmad Rofii